Selasa, 20 Maret 2012

Sejarah Dan Perkembangan Linux

Malem Malem gini inget pembelajaran waktu semester kemaren nih :D
sayang kalau ga diposting :D
oke langsung aja dah :)
Sejarah Linux diawali dari pengembangan sistem yang bernama UNIX oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie (Biografi ada di ilmukomputer.com) yang berasal dari AT&T Bell labs, pada tahun 1968.
Linux muncul pada tahun 1991 yang dikembangkan oleh mahasiswa yang bernama Linus Trovalds (Finlandia) dengan tujuan membuat sistem operasi gratis dengan kemapuan seperti UNIX tetapi kompatibel dengan PC. September 1991, Linux diluncurkan pertama kali dengan panjang source code 10.239 lines versi 0.01.
Sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Pada awal perkembangannya, source code Linux disediakan secara gratis di Internet.
Hasilnya, sejarah Linux merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia, semuanya dilakukan secara eksklusif melalui Internet.

Pada tanggal 9 Mei 1996, TUX diresmikan sebagai maskot Linux yang dibuat oleh Larry Ewing sesuai dengan pernyataan “Linus likes penguins”.
Nah Nama TUX sendiri diambil dari Trovalds Unix untuk menghormati Linus Trovalds sebagai pengembang Linux.
Ngerti ga.... jelasnya gini TUX = (T)rovalds (U)ni(X) :D simple kan
Pada awalnya Linux diluncurkan dibawah lisensi yang melarang komersialitas. Tetapi pada perkembangannya, Linus Trovalds mengubah lisensinya menjadi GNU General Public License. Lisensi mengijinkan distribusi atau bahkan penjualan versi Linux yang sudah dimodifikasi tetapi dengan catatan bahwa semua distribusi tersebut harus dibawah lisensi GNU GPL dan harus dengan source code programnya.

*Nah Udah Tau Sejarahnya Kan Sekarang Kita Ke Kelebihannya ya Gan*
Linux memiliki beberapa kelebihan setara dengan UNIX, antara lain:
1. Multi Thread
2. Multi User
3. Multi Processing
4. Manajemen Memori yang bagus
5. Sekuritas
6. File System stabil
7. Ketersedian source code
8. Tersedia dlam versi livecd
Oh iya yang jelasnya Linux merupakan emhhh, bisa dibilang karena terbuka dia jadi bisa dibilang gratis / tidak ada biaya lisensinya gitu dah :D

Selain Memiliki Kelebihan Pastinya Punya Kekurangan dong :(
*Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar menggunakannya.
*Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh, sehingga diperlikan trik tersendiri untuk menggunakannya.
Sulit bagi pengguna awam yang terbiasa dengan Ms. Windows untuk beradaptasi dengan Linux.
*Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.
*Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. *Bila tidak, maka kita harus mendownload satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
Nah itu lah yang dipersentasikan teman sekelas saya dikelompok 1 yang membahas Sejarah Dan Perkembangan Linux 

0 komentar:

Posting Komentar