Minggu, 25 Maret 2012

Belajar Dasar JavaScript "documen.write"

Baru Ngeposting tentang javascript lagi nih,,, hahaha habis saya juga masih kurang paham tentang benar tentang javascript terlebih javascript sudah masuk kedalam bagian pemrograman :( ,, Oke langsung saja kebanyakan ngomong ,,, pada kesempatan kali ini saya akan memposting dasar javascript yang saya ketahui dan yang sudah saya praktikan di sebuah aplikasi pembuatan game,,,
sebetulnya data nya bawaan aplikasi tersebut sih :D
Next >>
Seperti yang kawan ketahui disetiap javascript selalu memiliki tag <script>...</script> dan letaknya diantara <body>...</body>,
1. Document Write
Document Write ya seperti namanya Document Write yang artinya menulis dokumen/data :D
Saya kasih contohnya dah biar gampang dimengerti. hahaha
Contoh penulisan : 

<script type="text/javascript">document.write("percobaan");</script> 

Nah Penjelasannya >>
document write = perintah yang menjalankan fungsi menuliskan data,,
("Percobaan"); = Isi Perintah,, dan setiap isi perintah harus diapit oleh tanda kutip dan diakhiri tanda titik koma.
Simpel kan hahaha namanya juga dasar,,,
Nah kalau pembuktian script tersebut berhasil atau tidaknya, kita test dengan cara
Buka Notepad >> Tambahkan data HTML >> Masukan scriptnya >> Save dengan format Percobaan.htm
Contoh Scriptnya

<html><body><script type="text/javascript">document.write("percobaan");</script>
</body></html>

Buka file tersebut, bila terdapat tulisan berarti percobaan kita berhasil,,,ah namanya juga dasar, kalau salah mah kebangetan :D
Oke sekarang kita tambahkan beberapa Element biar keren dikit :D
Contoh Script

<input type="button" value="Pencet Tombol" onClick="document.writeln('Saya'); document.writeln('Pesek');">

Penjelasannya >>
<input type="button" >> Bisa dibilang merupakan perintah yang menggunakan alat masukan berupa tombol gitu deh
onClick="document.writeln('Saya'); document.writeln('Pesek');"> = perintah mengklik, gimana lagi ya jelas nya itu fungsi nya ketika kita mengklik akan tampil data dari fungsi document write,
hehehe maaf ya habis susah juga ngejelasinnya,,, meskipun dasar --__--''
Nah cara pembuktiannya sama seperti yang sebelumnya, cukup sampai disitu dulu ya ngantuk nih :D
ya kalau masih ada yang kurang dimengerti silahkan berkomentar saya mau tidur dulu...
*Arigatou Gonzaima*