Minggu, 25 Maret 2012

Macam Macam Distro Linux

Masih Di Linux Gan,,, lanjutan nya yang kemarin nih,,, Sekarang kita ke bagian maccam macam distro linux,,,
Saya hanya akan menjelaskan yang ada di persentasi dari teman saya saja, Alias simple seperti lagunya super junior itu loh,,, upss jadi promosi hahaha....Oke langsung saja

1. Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

2. Red Hat

*RedHat, distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia.
*RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.


3. Debian
*Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program.
*Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.

4. Suse
*SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional, adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System-Entwicklungsgesellschaft mbH, Nürnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan -sistem). SUSE Linux awalnya merupakan distro Slackware terjemahan bahasa Jerman.


5. Mandriva*
     Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager. Pertama kali dirilis berbasis Redhat Linux (versi 5.1) dan KDE (versi 1.0) pada Juli 2008.
6. DSL
Damn Small Linux atau DSL adalah sistem operasi komputer untuk kelompok x86 dari komputer pribadi. Merupakan perangkat lunak bebas sesuai dengan persyaratan lisensi dasar GNU GPL. Dibuat untuk mengoperasikan aplikasi grafis pada PC yang sudah lama seperti mesin komputer dengan prosesor 486/Pentium dengan sedikit memori. DSL adalah sebuah Live CD dengan ukuran sebesar 50 MB. Pada awalnya DSL adalah sebagai percobaan mengenai berapa banyak perankat lunak yang bisa disertakan hanya dengan 50 MB namun pada akhirnya menjadi sebuah distribusi GNU/Linux penuh. Bisa diinstal dengan media penyimpanan dengan kapasitas kecil, seperti bootable business card, USB flash drive, berbagai jenis kartu memori, dan Zip drive.

6.Gento Linux

Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm]. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna. Paket-paketnya biasanya dibangun dari kode sumber (source), walaupun untuk kenyamanan, sebagian besar paket perangkat lunak juga tersedia dalam bentuk binari.Nama proyek pengembangan dan produknya diambil dari jenis penguin bernama Gentoo.


7. CentOS
CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Proyek ini berusaha untuk 100% binari kompatibel dengan produk hulunya (RHEL). Arsip perangkat lunak tambahan menyediakan versi terbaru paket-paketnya, berbasis paket RPM. CentOS singkatandari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat). 


8. SLAX
SLAX adalah sistem operasi Live CD Linux (distro linux) berbasis Slackware. Ia tidak perlu di-instal ke hard drive; berjalan dari CD atau USB drive. Terdapat juga pilihan untuk menjalankan SLAX dari RAM. SLAX dikembangkan oleh Tomáš Mat?jí?ek dari Republik Czech menggunakan Linux Live scripts. SLAX 6 dirilis pada tanggal 12 Februari 2008.
Slackware, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux.

9. Austrumi
AUSTRUMI (Austrum Latvijas Linukss) adalah sistem operasi Linux live CD yang muat dalam sebuah CD berukuran kartu nama (50 MB). Berbasis Slackware dengan initialization scripts dari proyek Blin. Dikembangkan oleh para programmer dari daerah Latgale di Latvia. Rilis resmi terakhir Austrumi Linux adalah versi 1.7.2. Distro ini dapat digunakan pada sistem komputer dengan sumber daya terbatas, Intel-kompatibel, dengan sistem CD-ROMyang terpasang. Seluruh sistem operasi dan semua aplikasi berjalan dari RAM, sehingga media boot dapat dikeluarkan setelah sistem operasi dimulai. 


10.Linux MINT
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.


Oke Gays Cukup Segitu aja yang ada kurangnya saya minta maaf
karena ga mungkin mosting dalam 1 artikel dipanjangin mah kan :D
Dari 10 OS diatas saya hanya baru memakai ubuntu,Suse,dan Linux Mint :D
grafiknya cukup keren dah,,, oke nanti kita akan bahas satu satu dilain waktu wassalamualaikum,,,,